cerita kehamilan (up to week 23)

oke mumpung masih rada inget :)) maklum yak uda liwat hampir 6 bulan (akhir bulan ini udah masuk 6 bulan). jadi gini gais critanya. bulan des itu saya udah telat dapet kan, telat seminggu, langsung deh iseng2 aja beli testpack, waktu itu kebetulan jo lagi nginep di rumahnya sendiri. eh ternyata positif! wah langsung heboh dan saat itu juga langsung rombak kamar :)) ga deng emang hari itu rencana mau rombak kamar, geser2 posisi, tukeran kasur dan lemari sama kamar sebelah (chg). jo pun juga langsung dateng waktu saya kabarin sekalian bantu2.

Trimester 1 (week1 – week 13)

kelo dihitung2 sesuai itungan hpht gtu2 (yg tadinya saya agak ga ngerti, kok bisa baru telat seminggu, usia kandungan udah 5 minggu. aturan dari mana coba huahaha), saya kan udah 5 minggu brarti ya usia kandungannya (uda sebulan lebih), tapi ya emang blom berasa apa2 kan. selang beberapa hari juga beli testpack lain dengan merk berbeda dan hasilnya maish positif, abis itu kita memutuskan buat langsung cek ke rsia family. kenapa pilih family? paling deket sama rumah, dan direkomenin dokter juga sama temen ching (desy), yang udah pernah lahiran disitu pake dokter itu dan dia bilang kalo dia hamil lagi, dia mau pake dokter itu lagi. yaudah karena saya orangnya ga neko2, apalagi gamo ikut2an katanya katanya dokter si ini bagus si itu bagus, jadi saya emang ga nyari2 lagi. begitu masuk, cocok, beres deh huahaha. dokter Rieska namanya. orangnya baik, cool dan jelasinnya cukup detail sih.

waktu kita dateng, trus usg, katanya belum keliatan apa2, tapi udah ada tuh kantong rahimnya. katanya, kalo mau langsung keliatan, lsg aja transvaginal. wadow saya sih takut huahaha. kata dokter emang baru bisa keliatan minimal week ke 7 lah (klo ga salah), untuk sementara dikasi penguat janin dulu 2 minggu. nah, waktu saya mau dateng week ke 7, ternyata ada kabar duka dari dokter rieska, yaitu mamanya meninggal, jadilah saya diundur lagi ke week 8.

dan pas akhirnya kita dateng di week 8, pas usg, udah ada! yaampon senangnya. beneran loh hamil ini huahaha. dari kemarin kan masih kayak ngomong trus ke jo, ada isinya ga ya ada isinya ga ya :)) uda gitu kan baca2 takut ternyata janinnya berkembangnya di luar kantong rahim juga kan. dan sukurlah ternyata ga, semuanya normal dan baik2 aja.

nah tau ga, kurang lebih mulai dari saya abis testpack, langsung loh mual huahahaha. ini ya saya sampe baca2, dan banyakk yg mengalami hal yg sama kayak saya, sampe pada dikatain sama para suami: sugesti lah, halu lah. kan sialan yak :)) padahal saya baca2, emang loh mulai mual itu di minggu ke 5 (pas kalo di saya). soalnya denger2 banyak cerita, banyak juga yang pas lom tau hamil lom mabok, lah kok abis test positif langsung mabok juga :)) walopun usia kehamilan udah diatas 5 minggu. jadilah emang pada ngatain sugesti doang itu mah huahaha

tapi sumpah ya, saya tu 3 bulan pertama maboknya luar biasa. sampe hampir nyerah huahaha. nyerah maksudnya tu kayak uda ga ngerti lagi deh mesti gimana. jadi waktu ke dokter rieska kan emang udah mabok tu, bilang ke dokter, dikasi obat mual sih, tapi kok ya ya ngaruh :)) tapi kalo ga minum rasa2nya lebih mabok dari biasanya :)) (gimana ga dikatain sugesti). mabok saya itu terutama pusing deh, udah gitu perut kembunggg mulu. jadi seharian kayaknya eneg mulu. bukan morning sick lagi. tapi all day sick :))

awal2 waktu sempet ke kantor, demi menghilangkan enek, carinya yg asem2 kan, sampe minta mamake bikinin salak diasemin lah, mangga diasemin lah. semua berujung dengan asam lambung naik :)) udah deh ga kemakan lagi. dan karena enek, alhasil sangat2 pilih2 makanan. awal2 itu ya, gila semua makanan enek. ga doyan samsek. kecuali kalo laper, mungkin bisa mencoba cicip apa lah gitu. makanan paling anti waktu itu adalah ayam. ayam yg ada tulangnya yah. sampe sekarang saya masih rada geli sih sama ayam :)) aneh sekali hamil huahaha. berikut urutan makanan yang saya mau makan dan cuma mau makan itu all the time (mudah2an inget):

  • pepaya

sempet ni tiap hari maunya pepaya trus. kemana2 bawa pepaya potong, minta jo beliin pepaya pas di kantor, kalo di rumah juga minta jo stok-in pepaya dari pasar buah. pokoknya maunya payaaa trus.

  • roti gandum + selai srikaya

abis masa paya uda liwat, masuk ke masa roti gandum. tapi cuma mau pake selai srikaya. ato dimakan gtu aja sih. sebungkus kayaknya bisa abis sendiri cuma dalam waktu beberapa hari. ini juga lumayan, all the time maunya makan gnian doang walopun rada kering huahaha. diselingi minum air yang banyak sih. selainya juga ga dikasi kan kalo beli yang pabrikan sama nyokap. jadi mau gamau harus nyari di bakery yg kadaluarsanya cepet, tapi ga selalu ready. fav nya: suisse bakery

  • jambu biji

tapi ini cm bentar sih. suruh nyokap stok-in jusnya trus

  • keripik kentang & keripik singkong plain

ini juga ga terlalu lama sih bertahannya

  • nestum

ini enak bener dah huahaha. ini juga masih bertahan sampe sekarang malah. cuma uda rada berkurang sih. dulu saya beli yang sachet yang rasa susu. tapi cepet banget abisnya. alhasil langsung beli yang sebungkus gede original. tapi ternyata kurang manis. tapi tetep enak sih, udah abis tu bungkus pertama huahaha

di luar cemilan2 diatas, saya tetep makan nasi, yang mana maksimal cuma bisa 4 sendok. huahaha itupun harus pinter2 ngaturnya. kalo ga bisa muntah. saya ga muntah tiap hari sih. kayaknya bisa diitung pake jari deh, total muntah. kalo ga salah pas udah mau selesai tm 1 malah. itupun karena makan kebanyakan. sisanya cuma hoek hoek angin aja. buat lauk saya tiap hari request ke nyokap, kira2 besok pengen makan apa gtu yang pengen banget. yaudah seharian makannya itu doang. trutama ya yg kuah2. karena waktu itu yg goreng2 juga saya geli :)). sampe bawa bekal ke kantor juga. uda gtu jo ga kasi saya ngemil micin kan (padahal pen banget huahaha), makanan pinggiran juga ga boleh, apalagi paling forbidden: indomi huahahaha. disurunya ngemil biskuit coba. yaila kita kan anak savoury ya bukan anak manis2 :))

tapi saya pernah loh waktu awal2 banget, suatu hari mual nya ancur waktu di kantor, akhirnya dikasih jo makan indomi, tapi ber2 sama dia makannya. udah, sampe hari ini, saya ga pernah makan indomi lagi, kecuali minta maksimal juga cuma sesendok setengah :)) ngemis2 sama jo buat minta dikit ke yg lagi masak di rumah. trus juga emang kemarin ada musibah, yang menurut kepercayaan kita ga boleh makan mi2an dll dalam waktu 40 hari, jadi lumayan lah ada remnya :)) kalo snack2 bermicin sih masuk tm2 udah ada masuk sedikit2 :)) soalnya emang katanya paling harus dijaga 3 bulan pertama kan. udah gitu yang bisa bikin saya napsu makan kalo di hokben kan salad yah. tapi ga boleh juga kan soalnya mentah :)) tapi kata dokter rieska sebenernya no problem, apalagi sedikit. kalo sekarang sih udah berani :)) tapi tetep ga over yah

berat badan saya di tm1 ini turun drastis, seinget saya trakhir tuh kan 51an ya, trus pas hamil ternyata sempet 50, eh turun trus sampe sempet 47. gile kaga :)) sampe disuru dokter rieska harus makan 3 jam sekali (sekarang sih doi uda ga pernah ngomong gitu ya huahaha)

Trimester 2 (week14 – up to now)

saya sempet deg2an sih, ilang ga ya mualnya ilang ga ya mualnya. dan ternyata kayak waktu week 13 itu sebenernya udah berkurang banyak, cuma tetep rasanya masih ada mual2. eh tapi seiring jalan, lama2 ilang loh, dan bener2 cuma enek pas laper doang. jadi semacem ada alarmnya lah ya kalo uda harus makan huahaha. masuk bulan ke4 karena berat saya masih blom naik juga, masih disuru dokter makan 3 jam sekali, tapi waktu bulan lalu cek waktu masuk bulan ke5, kan itu makannya udah enak banget tuh, udah mulai banyak, banyak banget malah huahaha. alhasil bb udah balik lagi ke jaman sebelom hamil (51), yang bikin dokter rieska terkejut dan senang huahaha. dan sekarang saya makannya udah normal sih, ga 3 jam sekali lagi. yang bikin cepet naik adalah makanan manis.

jadi masuk tm 2 saya udah mulai baca2 forum pregnancy kan (female daily). baca2 kok ni ibu2 hamil naiknya pada dashyattt. dashyatnya bener2 dashyat loh, 8-12kg padahal baru masuk tm2, sampe disuru diet makanan manis (ternyata kuncinya ngemil yang manis2 pokoknya buat naikin bb). tapi ternyata ga dikit juga yang nasibnya kayak saya. udah 5 bulan naiknya baru sekilo aja dari jaman seblom hamil. kata forum dan dokter rieska sih, selama bb janin normal dan perkembangan sesuai umur, ga masalah sama sekali kalau bumil ga naik berat badan. malah harus bersyukur hamil kurus, biar gampang katanya nuruninnya nanti

awal2 tm2 tiap hari maunya ngemil semangka trus, sampe 2 hari sekali pasti balik ke pasar beli semangka :)) masalahnya semangka buah favorit di rumah juga sik jadi cepet abis. sama ternyata di tengah2 tm2 saya mulai doyan makan biskuit dan manis2 :)) gimana ga cepet naiknya. malah kadang saya mikir harus kontrol nih. jadi lumayan sering ke maxim buat stok biskuit. biskuitnya kayak yg plain2 gtu sih rata2, tapi ada sedikit manisnya. wadoh tiap hari bangun makan sebungkus kecil (biskuit impor yang packingnya sebungkus2 kecik jadi enak dibawa kemana2), mau tidur makan lagi, siang sore, makan lagi. cepet bener abisnya :)) donat, roti, eskrim juga udah mulai doyan, sikat semua pokoknya :))

apalagi gais, sekarang masuk BULAN PUASA. bayangin tiap sore pasti beli takjil :)) trutama biji salak kedoyanan saya. udah gitu di rumah juga suka bikin es timun suri, kolak. gimana ga mekar :)) seafood udah boleh makan, tapi ga sering ya. trus kayak mayo sama salad gitu udah berani makan juga walopin dikittt, trus kayak timun sama tomat gtu walopun ga mateng juga udah berani makan. trus nih saya baca2, katanya kelapa kan ga boleh ya. jadi ga berani makan santen. suatu haritanya dokter rieska, katanya why not? apalagi kelapa yang katanya gada hub sama medis :)) langsung sikattt padang, lontong sayur, soto santan!

wah gila si begitu tau boleh santen langsung kayak seminggu 5x makan soto :)) maap ya jo jadi nemenin makan itu2 mulu huahaha. bubur juga saya suka sekarang. dulu kayaknya rada enek waktu tm 1 padahal saya doyan banget sama bubur. ah iya! yang sampe sekarang masih paling anti itu bawang putih sih. gile waktu tm 1 sih nyium lsg hoek. kalo skrg langsung kayak enek aja gtu. padahal dulu saya doyan bener bawang putih. trus sempet makan duren juga tapi dikittt

update di tm2:

  • udah tau jenis kelamin hihi
  • udah usg 4d dan anomaly scan juga, semua normal insyaala
  • makin berasa tendangan2, yang tadinya awal2 ragu2 klo ada kedut2 :)) jo juga skrg udah bisa rasain tuh
  • sempet cek benjolan di leher (kista tyroid) yang emang udah lama masih segitu2 aja (1,6cm), ga ganggu sama sekali
  • bb dan uk janin masih sesuai track
  • bolak balik wc makin jadi gais :)) tapi emang karena saya hamil ini jadi doyan minum banget sik
  • perut udah buncit banget :)) seiring perkembangan naik berat badan, perut juga ngembangnya cepet bener. sampe kadang saya suka takut meledak :)) tapi kata jo, itu kan bayinya juga tambah gede jadi gpp. tapi tetep selain perut masih ga keliatan hamil kata orang2 hihi
  • kalo makan kekenyangan tuh pasti langsung sakit pinggang. seakan2 perutnya keberatan banget huahaha. begah mulu lah pkknya
  • udah harus beli daleman dan ganti outfit maternity. sumpah ya saya cuma beli 1 aja dress bodycon gtu. ternyata dapet banyak banget maternity dari si tante yang kerja di garment, udah gtu ternyata baju2 saya tuh emang kayaknya bisa dipake buat ibu hamil smua huahaha. soalnya saya emang suka gombrong kan ga suka ngetat2. plus emang hamilnya *untungnyaaa* rada kurus. cuma ya celana aja tuh yang harus khusus cuma uda dapet banyak banget kok hihi

saya gada foto perut2an. karena ga mikir bakal ngeblog lagi sebenernya. dan emang udah ga punya sosmed juga :)) DAN MABOK BANGET huahahaha manalah kepikiran foto perut2an. kalo baru mau foto sekarang ya uda telat kan :)) foto usg akan saya share lain kali kalo rajin :)) ga kliatan2 banget juga si. trus

babymoon aja ga pergi2 ni :)) diajak ke labuan bajo tapi jo blg saya takut ga kuat, di kapal maupun pas trekking. takut semaput :)) kata jo paling boleh ya ke kota2 aja jangan yang alam2 gitu. diajak ke ponti ma nyokap dll, wacana juga kayaknya. yang mau banget si ke bali. tapi tiket lagi mahal benerrr. udah gitu waktunya emang serba nanggung deh, intinya susah mau pegi skrg huahaha. harusnya abis nikah ni langsung berangkat saya. pdhl waktu itu sengaja batalin gegara ada event kantor yang ujung2nya gajadi sebal :)) saya juga blom foto maternity (yaiyala blom saatnya). yang pasti ga pengen pake jasa2an, mau foto sendiri lagi kayak jaman prewed dulu. tadinya gamau loh, soalnya kayak liat2 maternity orang, aduh kayak fake gitu loh, dandannya pada menor trus kayak gayanya keliatan banget diarahin deh, kurang necurel geto. eh tapiiiii, setelah liat foto maternitynya radit dan nisa, langsung jatuh cintaaa huahaha. mau banget foto kayak gtu. simpelll, tapi ya ntah kapan deh.

apalagi ya, banyak juga yang saya lupa sebenernya saking udah kelamaan :)) intinya kalo ada update lagi akan segara saya update.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s