Jalan Jalan

yey safari!

setelah wacana berbulan2 dari taun lalu :)) akhirnya saya dan jo pergi juga ke safari. walopun dengan anggota yang beda dari rencana awal. ini si dalam rangka diajak temen kantor, dia dan keluarga udah disana dari kemarinnya. ya walopun disono kita juga ga 1 mobil, jadi saya sama jo ya cm ber2 aja huahaha. ga krik2 soalnya sibuk motret! :)) malah kalo kata jo, untung ga 1 mobil sama temen, kasian mereka nungguin saya tar. mana saya suru jo maju mundur mulu biar angle pas coba. udah gtu ad yg kalo ga dpt2 shotnya ya nongkrong aja lama huahaha.

karena lagi long weekend, ga sih, intinya ada hari liburnya, trus yang saya pergi itu padahal udah hari kerjanya. tapi tetep aja deh. rame gila sedih, padahal udah berharap sepi banget kan yah. okelah yang safari journey kan emang semobil sendiri2 jadi ga terllau berasa ramenya. tapi berasa banget rame itu di istana panda sih. jadi kan kita harus naik bus khusus kan. antriannya masyaalla. mending kalo rame nya rame tertib. ini tuh banyak banget grup studytour dan ntahlah pokoknya smua ibu2 dan anak2 kerjanya nyerobot aje kzl. tapi yoda kita yang waras ngalah :))

kata temen lain sih kita salah, walopun hari kerja kita perginya, tapi karena ada nyelip hari libur di sebelum hari h kita pergi, pasti itungannya udah liburan dah. jiah mana tau coba kan :)) apa boleh buat. trus yang lebih waw lagi, pulang pergi kita kena macet dashyat terutama ya di daerah bogornya. sebelum dan setelah tol. sisanya padahal lancarrr. ya begitulah :))

intinya siii, (more…)

bali day 3

hari ketiga pagi dimulai dengan siap2, makeup buat sesi foto lagi. fotonya kali ini konsepnya homey aja (effort seminimalis mungkin huahaha), tapi ada yang pake wedding dress. hand bouquet aja, yg tadinya mau cari floris, ternyata ada noh bunga hidup segar di vas bunga huahaha langsung aja kita pakeee. fyi dress nikah saya bikin sendiri, by mamak dan apho, dan yang saya bawa ini adalah contoh untuk dress pagi (pemberkatan). kalo jas yang jo pake kita beli murce aja di season city :)). trus ada yang pake piyama couple, trus ada yang pake seragam kantor dan almamater kampus HAHAHA. udah bersama lama bener ni keknya. saya pajang beberapa aja lah ya. kalo semua bisa jadi album nikah ni blog :))

(more…)

bali day 2

selamat pagi baliii, jadwal hari ini seharusnya kimsoo, mrs sippy, lalu otw ubud. bangun pagi kita langsung siap2 dan makeup lagi, buat foto2 di kimsoo sekalian sarapan. critanya mau ngejer sepi. tau sendirilah kimsoo serame apa huahaha. dan untungnya pas kita dateng memang lagi sepi, jadi lumayan lah bisa dapet foto si spot2 yang kita mau. sambil foto kita sambil sarapan juga.

(more…)

pre-bali

YAY BALIIIII, so happy!

selalu seneng balik lagi kesini, dan kayaknya gada puasnya deh huahaha.

kali ini tujuan utamanya adalah jalan2 sambil foto. bukan sengaja buat foto doang ya. mumpung sekalian ajak adik karena dia ga pernah ke bali secara gaul huahaha. trakhir ikut tour bus waktu masi bocah pula. dari jakarta saya udah suruh adik yang susun itinnya, dengan menyelipkan tempat2 yang bagus buat dijepret sekali 2x yang udah didiskusikan. Itin jadi dengan lumayan padat (huahaha biasala gamo rugi), tapi tetep lah ya lebi santai karena emang kita atur sendiri.

jadi gini critanya, ini kan uda 2 bulan lagi menjelang kawinan, tapi kada ada poto prewed samsek. tadinya emang gamo sebenernya. semua yang nanya saya (termasuk jo yg takut saya last minute minta prewed kali ya huahaha), saya pasti jawabnya: pake foto jalan2 belitung aja deh. emang lumayan soalnya bagus2 juga. bahkan foto kanvas saya aja saya ambil dari foto belitung loh hihi. btw jalan2 belitung blom pernah saya bikin blogpost nya nih. kapan yakk huahaha udalah tah kapan pokoknya.

nah kenapa saya maunya foto sendiri? (more…)

ke bogor sehari ajah

beberapa minggu yang lalu, tepatnya awal bulan mei, seperti biasa saya chg mel yen berkumpul basamo. rayain ultah yen yang udah lewat lama, di JANUARI. tengs :)) janjiannya aja di grup udah krik2 banget.

eh g mau traktiran ultah nih. krik… krik….

kado juga bilang mau beli sendiri sampe sekarang ga beli2. masalahnya udah mau ultah mel nanti bulan 9 :)) tapi akhirnya kita pergi juga. ke bogorrrrr, yeyyyyy.

tujuan awal kita makan di lemongrass, trus tar baru mau nongkrong di a b c. kita pergi naik commutter, seperti biasa. ajak si adik gamo ikut, katanya: udah jarang pulang masa sekali pulang mau diajak kesono lagi. ogah. yowess

yaa, apalagi tempatnya dia udah pergi semua sihhh #sianakgaulbogor huahahaha. nahh, kalo ga salah pas kita pergi itu lagi tanggal merah. kita baru bisa berangkat jam berapa yah pokoknya sampe bogor itu sekitar 12:30an. stasiun bogor rame gilaaaaa pokoknya parah deh. untungnya kereta pas kita berangkat masih sepi banget jadi dapet duduk. btw di bogor udah pake ticket vending machine juga lohhh. lebih banyak pula mesinnya daripada di palmerah. antriannya panjanggg banget. (more…)

Bangkok Pattaya 2016 – Day 2

bersambung dari sini yah

hari kedua ini agak lumayan melenceng dari rencana, jadi rencana awal tuh mau ke floating market, sanctuary of truth, nongnooch tropical garden, dan suphattra land. trus denger2 crita dari pak supir, katanya suphattra land tuh kurang oke, akhirnya kita gajadi ke suphattra land.

kenapa kurang oke? begini kata pak supir: suphattra land itu tempat wisata yang udah agak lama dan kurang diperhatiin. tiket masuknya overpriced, sekitar 500baht per orang untuk makan buah all u can eat, tapiii buahnya juga yaa gtu2 aja lah standard, tergantung musim juga. dan saya kan baca d tripadv kan dapet durian jugaa. kata pak supir: kaga mungkinnn, bisa bangkut suphattra land kasi orang makan duren all u can eat. huahaha. trus dia bilang: lu kumpulin tuh 500baht * 5, g bawa lu ke pasar buah, makan noh ampe mabok 2500 baht. huahahaha kita langsung: okeh siappp :)) jadi dari pak supir yang searah gini: sanctuary, nongnooch, floating, lalu diajak ke pantai pattaya, trakhir pasar buah.

kata pak supir kita dijemput jam 9 pagi. mungkin saya juga salah sih kurang perhitungan, harusnya kalo mau ke luar kota yang perjalanannya sampe 2 jam, jam 8 tuh sudah harus jalan. ini jadiin pelajaran aja deh hahaha. jadi pas hari H nya, saya telat bangun gara2 salah pasang alarm. mungkin karena semalem udah teler banget kali ya. sebenernya ga masalah sih pasang alarm jam segitu, masalahnya saya tuh siap2nya lelet. dan saya tau saya lelet makanya saya pasang alarm untuk bangun lebih awal. tapi jadinya telattt 😦 alhasil kita baru dijemput jam 9:20an, dan gobloknya lagi, begitu kita udah jalan, saya lupa bawa ticket. ohiya saya pesen nongnooch sama sanctuary di hotels2thailand.com lagi kayak 2 taun lalu, karena harga online emang selalu lebih murah hihi. ingat ya harga yang tertera blom termasuk pajak :)) saya ketipu dong mikir murah banget taunya lom pajak. tapi emang tetep lebih murah daripada on the spot  /  beli lewat travel / tour agent sih

alhasil karena lupa kita balik lagi, mana jalanan macet pula, udah gitu botol minum ketinggalan di tempat breakfast padahal saya udah suru JT isi :))))) sepanjang perjalanan kita semua tidur kayak mati tau2 udah sampe :)) nyampe jam 12 langsung ke jalan ke lokasi nya.

sanctuary of truth itu kalo baca di tripadv merupakan tempat wisata nomor 1 di pattaya yang harus didatengin. reviewnya bagussss banget, walopun tiket masuknya lumayan (saya dapet 356baht sebelum pajak), dan emang bagus banget tempatnya. jadi tuh dia Buddhist Temple yang keseluruhan bangunannya dibuat dari ukiran kayu, detil banget, dan lokasinya di tepi pantai gitu. ga heran sih reviewnya wow, apalagi banyakan yang review bule kan. bule kan demen banget ama bginian, apalagi ini emang super. dan dari temple2 yang udah kita datengin emang ini yang paling kita semua suka sihh, ga nyesel lah panas2an. ohiya saya udah bilang bangkok panas kan? pattaya lebih panas lagi, apalagi pas sanctuary itu lagi jam 12 teng. bhay banget :))

untuk menuju ke lokasi templenya, jalannya cukup jauh ya dari parkiran. pokoknya hari itu ke semua juga jauh gila deh gegara panas huahahaha. pas nyampe kita dirusuh nunggu dulu, boleh foto2 atau liat2 souvenir, atu mau makan ato jajan es boleh, kasih makan kambing pliharaan disitu juga bisa, liat kelinci dan burung2 juga ada. eh lengkap juga ya hahaha. jadi tuh untuk ke temple nya ada jam2nya, dan orangnya juga dibatesin. jamnya deket2an kok. jadi kayaknya untuk mencegah terlalu banyak orang didalem kali ya, jadi biar ga crowded.

disini juga ada beberapa activities yang bisa dilakukan, naik speedboat/bananaboat (ngelilingin laut yang ngelilingin temple), naik gajah ngelilingin temple, naik kuda agak jauh dari temple, trus menembak, agak jauh dari temple juga. naik atv, nah ini gatau dimana. nah ini ada daftar harganya nih, tapi sayang sekali saya lupa. saya cuman inget kalo ga salah naik mobil agak mahal deh, 600? naik speedboat 400? naik kuda ntahlah, 300? menembak apalagi lupa, mungkin 300/400? yang pasti bener naik gajah 200 dan kasih makan pisang ke gajah 50! huahahaha, inget soalnya nawarin maknya JT. ya intinya range nya segituan.

DSC_4823

tempat nunggu

DSC_4755

DSC_4757

dari kejauhan. bagus yaaa

DSC_4759

jadwal masuk, setiap jam 11:30 sama jam 15:30 ada show khusus. karena kita datengnya jam 12 liwat alhasil ga kedapetan deh

btw saya bete deh huahaha, detik ini juga saya baru googling sebenernya sanctuary tuh show nya apa yang saya missed. gataunya dolphin show! aaaaaa beteeeeeee. jadi kan sanctuary punya lagoon (danau) tuh deket temple nya. hiks ga liat deh. pantes binging itu danau buat apa. karena ada panggungnya saya kira tari2an tradisional ajah. better luck next time deh kalo dateng lagi huks.

okeh lanjut. setelah menunggu kira2 10 menit, palang dibuka dan kita boleh menuju temple. lumayan jalan lagi ternyata huahaha. turun tangga dulu, lalu pake topi konstruksi, dan untuk yang bajunya terbuka2 harus sewa sarung 200baht (nanti dibalikin). jadi tuh saya gatau kalo sanctuary harus pakaian sopan. saya pake clana pendek, jadi mesti sewa sarung deh hahahaha. ohiya kenapa pake topi konstruksi? sampe hari ini sanctuary of truth masih belum selesai pembangunannya dan masih terus di-develop dan dirawat2 gitu, jadi untuk mencegah hal2 yang tidak diinginkan lebih baik pake. yang mana ternyata dilokasi saya liat pada bandel lepas2 huahaha.

DSC_4764

turun tangga

DSC_4767

terima helm + sewa sarung

DSC_4817

itu dia lagoon untuk show nya. ada kursi2nya gitu deh. bagus yaaaa

DSC_4811

ngelewatin danau, ada resto nya, bisa makan

DSC_4771

sampeeeee

DSC_4774

nah mau naik gajah dari sini nih, ada gajahnya si bawah pohon kuning lagi berteduh. nah masuknya dari belakang, jadi kita diajak ngelilingin temple ini dulu sebelum masuk ke entrance nya. amboy, sanctuary of truth keren euy dari dekettt. bener2 dari kayu semua loh itu. dan pahatannya / ukirannya banyakkkkk banget.

DSC_4775

DSC_4779

DSC_4780

gara2 lokasinya juga tepi laut bikin sanctuary ini makin wow saya bilang. duh cuman ga tahan panasnya doang :))

DSC_4776

ini dia tepi lautnya, kita semacem diatas gitu, jadi kayak tebing

DSC_4784

bisa naik speedboat / banana boat

DSC_4786

masih terus dalam tahap pengembangan

DSC_4787

entrance

DSC_4789

ukiran di dalam, detil banget sampe ke langit2

DSC_4796

masing2 ada penjelasannya

DSC_4801

bayangin mahat ginian dikit2

DSC_4797

woahhh

trus disatu bagian, pahatan2 kayu yang melambangkan dewa2nya planet yang ada di alam semesta ini. menurut kepercayaan dulu, perputaran planet ini mempengaruhi kehidupan manusia sampai ke sifat2nya. misal planet mars itu melambangkan courage and industry, mercury tuh gentleness, dan seterusnya. pertama waktu saya lewat situ, saya mah cuman liat aja, ga ngitu ngeh.

DSC_4805

mars and mercury

eh trus ada 1 papan nih yang rame2 diliatin sama ibu2 india sampe bolak balik bolak balil. ternyata kalender untuk melihat hari apa kita lahir (buat yang gatau). di kalender itu kita tinggal liat kita lahir taun apa, bulan apa, nanti bisa keliatan harinya. nahh, untuk menurut kepercayaan jaman dulu juga hari lahir itu ada pengaruhnya sama planet dan sifat2 manusia. ayo coba cek sendiri, hari kalian melambangkan apa? 😀

DSC_4807

DSC_4802

beberapa bagian yang sedang dibangun

DSC_4804

DSC_4793

nah kalo yang ini (ada ceritanya disamping). jadiii, kenapa sanctuary of truth itu dibangun? konon katanya dulu tuh tubuh buddha terbagi2 jadi banyak bagian kan, nah kebetulan beberapa bagian yang ditemukan itu dijadiin relic dan disimpan di temple ini sebagai penghormatan, makanya sakral banget.

selesai sudah perjalanan di sanctuary of truth, dari sini kita langsung menuju nongnooch. eh tapi laper banget, jadi cari makan dulu. tapi, karena pattaya emang kota malam yah, susah banget loh cari makan disini siang2. nemunya malah noodle shop mulu, apa ga thai food. kita kan mau nasiii hahahaha. akhirnya setelah gajelas beberapa lama, mikir langsung makan di nongnooch aja. dan ternyata ada foodcourt dan pilihan makanannya sangat lumayan! jiah dari tadi kek hahahaha.

ohiya tiket yang kita beli itu sudah termasuk tiket show, dan tiket shownya ada jam2nya. nah ini juga saya beli di hotels2 dan jauh lebih murah (250 udah termasuk show – sebelum pajak). saya beli yang tanpa buffet ya, karena mikir kayaknya ga worth2 amat. karena kita emang dari awal udah telat, kita dapet show yang 4:30. sore amat >.< tapi karena mikir floating market buka sampe malem banget, jadi ya no problemo. oke mari kita mulai perjalanannn.

DSC_4944

mini zoo

DSC_4948

DSC_4947

DSC_4946

DSC_4952

DSC_4954

sebenernya pas siang dia mejeng di luar, jadi kalo mau foto bisa. jinak banget kok. tapi tetep aja kita gada yang berani :))

DSC_4955

DSC_4951

uculllll

kita ga terlalu masuk2 sih dan lama sih disini soalnya udah laper bingitt hahahaha, jadi kita langsung menuju foodcourt.

DSC_4825

DSC_4824

tempat makannya enak, banyak pilihan, dan harga bersahabat seperti biasa

]DSC_4826

ini rice noodle apaa gtu lupa pokoknya enak. tapi lupa bilang daging aja, jadinya dikasih jeroan juga deh

DSC_4827

padthai nya JT

minumnya thai ice tea enakkkk banget deh. mulai sekarang saya jadi cinta sama thai tea huahaha. soalnya wangi dan rasanya cucok. tapi yang kita beli d nongnooch yaampun isinya es batu doang, 2x sedot udah abis sedih padahal enak :))

kenyanggggg, siap jalan2 lagi. disini untungnya lumayan rimbun, walopun tetep tropis sesuai namanya hahaha. tapi lumayan lahhh. nongnocch tropical garden tuh area luasssss, cakepnya mirip sama silverlake. udah gitu kita juga bisa naik mobil 1 orang 100baht ya kalo ga salah untuk melilingin semua area. kalo kuat jalan saya saranin jalan kaki aja. di tamannya tuh ada jembatan yang connecting ke semua taman2nya, jadi tinggal ikutin arahan aja mau kemana mau kemana. malah bisa liat semua pemandangan dari atas, udah gitu kapan mau turun, kapan mau lama, kapan mau foto, ya kita yang atur sendiri. disini ada mini zoo juga, ada banyak banget spot lucu buat foto2, jenis tamannya macem2, ada banyak patung2 hewan2, ada theater, ada tempat beli snack, ada tempat beli souvenir. pokoknya lengkapppp. sebenernya bisa setengah hari sendiri kalo mau bener2 jelajahin semua sih hahaha.

DSC_4828

oiya bisa naik gajah juga keliling, lupa bayar berapa. banyak loh yang naikkk, terutama bule.

DSC_4829

nah tamannya mulai dari sini, jalan aja trus kayak naik gitu untuk mulai naik ke jembatannya.

ohya disini bakal banyak banget nemu patung2 binatang yang rombongan, lucu2 deh ada yang bagus tapi ada juga yang cupu mukanya hahaha. terutama yang monyet apa orang utan gitu itu rameeeeee banget yang foto. serasa pada ketemu sodara ya hahahaha.

DSC_4831

kambing

DSC_4832

ni dia jembatannya

DSC_4834

DSC_4862

nahh dari atas keliatannya kayak gini. tuh yang paling kiri jalur mobil untuk kelilingnya

DSC_4833

DSC_4835

llama, giraffe

abis itu ada car museum. bukan sembarang car tapi sports car, udah gitu bukan miniatur, bukan replika, tapi yang beneran ada mesinnya. malah ada beberapa yang test drive (disediain jalurnya). duh kalo lecet gimana yah :))

DSC_4837

DSC_4838

DSC_4839

abis itu lanjut ke, gatau deh namanya, intinya patung2 serangga yang dibikin kayak sarang juga. udah tau saya geli banget yah sama serangga. ngebayangin serangga asli segede itu dan sebanyak itu, pingsan :))

DSC_4840

DSC_4841

DSC_4849

iyuhhhh :))))) gatau nih serangga apa

DSC_4848

kepikk, ini lucu tapi tetep geli

DSC_4850

kumbangggg. ini juga lucu tapi geli huahaha

DSC_4852

tuh masi ada banyakkk jenisnya gatau apa aja semua. kecoa? huahaha

abis itu kita turun ke tepi danau gitu. disini juga cakeppp, hewannya juga banyak deh. dan saya sama JT tarik kesimpulan, kalo naik mobil ya isinya ngeliatin patung2 hewan ini. gituu.

DSC_4855

lemur

DSC_4857

owl

DSC_4858

kangaroo

DSC_4859

buayanya gedayyyyy banget

DSC_4861

buaya, tapir

DSC_4856

zebra

DSC_4864

fox

DSC_4867

babiiiii

sebenernya kita masih mau liat2 banyak, tapi karena udah lumayan banyak jalan juga dan bentar lagi udah jamnya show, akhirnya kita jalan menuju hall theater nya. theaternya gede banget, nampung banyak orang banget, mirip2 sama alcazar. di hall nya ada yang jual souvenir juga. dan disini rame banget euyyyy, terutama dari tour. dan ada es duren yang keliatannya enak banget, critanya abis nonton kita mau beli.

DSC_4870

DSC_4871

DSC_4873

yang kita nonton adalah cultural show sama elephant show. untuk yang udah pernah ntn show gajah di tempat lain, saya saranin gausah nonton lagi disini, karena cultural shownya ga gitu menarik menurut saya, kalo gajahnya lumayan lah. kenapa ga menarik? soalnya penjelasannya bahasa thailand euy ga ngerti, jadi ngantuk :)) udah gitu kalo alcazar kan bener2 show dan dibikin apa yah, keren menarik dan sangat niat mulai dari kostum properti konsep. kalo ini emang temanya simpel sih, ngejelasin daerah2 ada apa di thailand besarta kebudayaan2nya masing2. kayak tari2an, tradisi2, olahraga nya, jadi ya nyajiinnya juga apa adanya.

DSC_4877

DSC_4892

DSC_4893

selesai dari sini, yang mana kita kira tuh udahan. gataunya langsung diarahin untuk ke tempat show berikutnya (outdoor). karena kita jalan lelet2 ya gataunya udah penuh banget, hampir berdiri deh pokoknya, mana pada lari2 banget takut ga dapet tempat duduk. kita sih santai hahaha. eh pas banget tempat terenak (vip) tiba2 barisannya dibuka, dan pas bangetr kita lagi berdiri deket sono. langsung duduk deh hihi, sabar emang disayang Tuhan, dannn semua langsung ganas lari2 mau duduk di barisan vip.

DSC_4895

menuju outdoor. gegara ada tulisan exit ya kita kira udahan. padahal ada gambar gajah segede gaban diatas pintu huahaha

DSC_4897

DSC_4898

rameeeee

DSC_4902

DSC_4926

DSC_4934

gajahnya pinter2 dan lucu2 dehh, jadi pertama dikeluarin dulu semua kan, nah abis itu mulai deh atraksi. mulai dari nembak sasaran (balon), main basket, naik sepeda, melukis (lukisannya di kaos dan langsung di jual ke audience 400baht), gendong orang pake belalai, main basket, dance pake hoolahoop, main bowling, dan thai massage. tapi denger2 dilatihnya jahat yah (baca2 di tripadv)

overall bagus, tapi menurut saya yang paling ganggu adalah: jadi tuh tiap selesai 1 atraksi, si gajah bakal keliling ke audience untuk difoto2 plus disawer. iya gajahnya ngerti duit banget. kalo audience pada nyodorin duit yaudah langsung diambil2in pake belalainya. kalo mau beli makanan nyoba kasih makan juga bisa. nah karena keliling itu lah ganggu banget jadi ga konsen nonton atraksi berikutnya.  lebih baik lagi dirapiin aja sih sistemnya.

shownya masing2 30 menit cultural sama gajah, jadi total 1 jam. selesai show udah 5:30, dan kita langsung beli es krim. 1 cup 60 baht, enak banget banget deh. teksturnya durian bangetm bener2 berasa bukan cuma abal2, pokoknya kayak makan durian beku deh. ketagihannnnn :*

DSC_4941

dan ini antri bangetttt kalo pas sama keluar selesai nonton show. sampe penjualnya tuh bener2 cape banget hahahaha. dan harus agak sedikit rebutan kalo ga ga dapet dehh hahaha. padahal ternyata di luar juga ada, sama juga es krimnya, lebih sepi pula :))

DSC_4939

segerrrrrrrr

nah dari sini kita langsung ke mobil lagi untuk menuju ke floating market. ternyata oh ternyata, floating market udah tutup ternyata kata pak supir. yahhh, mau gimana lagi dari awal emang udah telat plus ternyata info internet yang bilang floating buka ampe malem itu ga valid. yaudalah karena saya sama JT juga udah pernah dan menurut kita isinya juga sebagian besar masih bisa dibeli tempat lain, jadi yaudah gapapa skip! better luck next time lagi deh hahahaha.

abis itu kan kita diajak ke pantai, tapi karena kita males akhirnya kita langsung ke fruit market saja. plus cari2 durian. saya jadi inget jadi dulu tuh kita pernah beli durian kan deket hotel dan menurut kita rasanya kurang enak. ga legit kayak durian sini. ternyata seletah dijelasin pak supir, orang thailand sukanya durian yang masih garing dan sekedar manis aja. kalo lembek (mateng) ga lakuu. makanya tuh kita susah deh nyarinya hahahaha.

pertama ke fruit market yang duriannya lumayan mahal. tapi kita beli mangga. mangga yang kulitnya kuning dan lembek banget itu buahnya. 1 biji 60baht kalo ga salah, dan katanya sih manis semua, trus kita ke deket sanctuary lagi yang kata pak supir duriannya murah2 95baht/kg. nah disini baru deh dijelasin gada durian lembek di thailand. lembek pun rasanya ya gitu deh agak hambar, ya emang lom mateng deh kalo menurut selera indo mah. akhirnya kita ga beli soalnya masih keras semua. malah pak supir yang beli untuk rumah. trus kita jalan lagi nemu night market. nah ini baru seruu. jual macem2 banget makanan kita sampe borong hahaha. disini saya juga beli anggur, pepaya, dan durian. nemu tuh durian yang lumayan lembek lah. harganya 180baht kalo ga salah dapet lumayan banget deh. buah yang lain murah2 euyy. plus beli jajanan2 lain

cubikoncinyu